Minggu, 18 Oktober 2020

Biografi Mahatma Gandhi – Pimpinan Spiritual India

 Biografi Mahatma Gandhi – Pimpinan Spiritual India

Biografi Mahatma Gandhi. Dia sebagai seseorang pimpinan spiritual & orang politik dari India yang paling termasyhur. Pada waktu kehidupannya, banyak negara sebagai koloni Britania Raya. Masyarakat di koloni-koloni itu dambakan kemerdekaan supaya memerintah negaranya sendiri.

Mahatma Gandhi yaitu salah seseorang yang sangat penting yang ikut serta dalam Pergerakan Kemerdekaan India. Ia yaitu aktivis yang tak memanfaatkan kekerasan, yang membawa pergerakan kemerdekaan lewat perbuatan demo nyaman.

Biodata Mahatma Gandhi

  • Nama Komplet : Mohandas Karamchand Gandhi
  • Lahir : India, 2 Oktober 1869
  • Meninggal dunia : New Delhi, India 30 Januari 1948
  • Orang Tua : Karamchand Gandhi (Ayah), Putlibai Gandhi (Ibu)
  • Istri : Kasturba Gandhi
  • Anak: Harilal Gandhi, Devdas Gandhi, Ramdas Gandhi, Manilal Gandhi

Biografi Mahatma Gandhi

Mahatma Gandhi terlahir di 2 Oktober 1869 di negara sisi Gujarat di India. Ayahnya yang memiliki nama Karamchand Gandhi & ibunya yang memiliki nama Putlibai.Banyak dari anggota keluarganya kerja kepada pihak pemerintahan. Waktu remaja, Gandhi berpindah ke Inggris buat mendalami hukum.

Berubah menjadi Pembela perkara

Perihal Biografi Mahatma Gandhi, Seusai dia berubah menjadi pembela perkara, ia setelah itu datang ke Afrika Selatan, satu koloni Inggris, di mana ia merasakan diskriminasi ras yang disebut apartheid.Ia setelah itu memilih untuk jadi seseorang aktivis politik supaya mengganti hukum-hukum yang diskriminatif itu. Gandhi lantas membuat satu pergerakan non-kekerasan.

Gandhi mulai profesinya jadi seseorang pembela perkara di Afrika Selatan, di mana dia mendapatkan pelbagai permasalahan rasial buat sekali-kalinya.Satu di saat, diperjalanan di atas kereta api tuju Pretoria, Gandhi dimohon tinggalkan bangku penumpang kelas 1 yang ditumpanginya walaupun dia udah bayar tiketnya.

Kondektur kereta yang berkulit putih itu dengan sinis mengemukakan kalau tidak hanya orang kulit putih tak diizinkan menduduki bangku kelas khusus.Namun Gandhi menampik & bertahan untuk terus menduduki bangku yang udah dilunasinya itu. Lantaran penampikan ini, si kondektur menurunkannya dalam sesuatu stasiun kecil.

Katanya, tersebut satu diantara insiden yang setelah itu membuat senantiasa bertarung buat keadilan. Ia senantiasa memberi contoh kalau kita bisa menentang ketidak adilan tanpa ada melaksanakan kekerasan. Pada saat di Afrika Selatan-lah Gandhi mulai meningkatkan idenya yang dikatakan Ahimsa atau anti-kekerasan.

Dia membimbing beberapa orang India yang hidup dari sana bagaimana menempatkan Ahimsa buat menanggulangi pelbagai ketidakadilan yang anda alami. Sistem yang dikatakan pula sebagai perlawanan pasif atau anti-bekerjasama dengan mereka yang melaksanakan ketidak-adilan.Gandhi beryakinan kalau dengan menampik-bekerjasama, sang pelaku selanjutnya bakal memahami kekeliruannya kemudian menyudahi sikap gak adilnya.

Kembali lagi India

Disaksikan histori Mahatma Gandhi, Di saat kembali lagi India, dia mendukung dalam proses kemerdekaan India dari jajahan Inggris. Perihal ini setelah itu berikan buah pikiran buat rakyat di koloni-koloni yang lain biar bertarung Cara menang 2D mendapat kemerdekaannya & merusak Kemaharajaan Britania buat setelah itu membuat Persemakmuran.Rakyat dari pelbagai agama & suku yang beda yang hidup di India masa itu meyakini kalau India penting dibagi ke sejumlah negara biar grup yang beda bisa miliki negara mereka sendiri.

Penilaian Mahatma Gandhi

Banyak orang-orang yang mau biar banyak pengikut agama Hindu & Islam miliki negara sendiri. Agama Mahatma Gandhi yaitu Hindu akan tetapi ia semakin menyenangi pemikiran-pemikiran dari agama-agama lain terhitung Islam & Kristen.

Gandhi yakin kalau manusia dari semua agama miliki hak yang serupa & hidup berbarengan dengan cara nyaman di 1 negara. Waktu itu India berubah menjadi negara merdeka & pecah berubah menjadi 2 negara, India & Pakistan.

Perihal ini tak disepakati oleh Gandhi. Sesaat Gerakan terus terjadi, dia terus menyambung pelacakannya bakal kebenaran & merencanakan kiat yang pantas untuk hadapi lawan. Dia mengatakannya Satyagraha – Penegakan Kebenaran.

Perjuangan Mahatma Gandhi

Dalam biografi Mahatma Gandhi yang banyak dicatat dibuku-buku, Mahatma Gandhi berkeyakinan kalau dengan lihat kesulitan satu orang yang menegakkan kebenaran bakal berikan impak & bakal sentuh nurani eksekutor kesewenangan (lawan). Satyagraha setelah itu dikerjakan dengan cara luas & efisien dalam perjuangan kemerdekaan.

Perjuangan ini selanjutnya sampai 1 titik di mana Inggris gak bisa bertahan menantang beberapa ribu massa rakyat yang menetangnya, aksi-damai yang tuntut kemerdekaan.Betapapun, Gandhi meyakini pada tiap-tiap upaya & perjuangan yang dikerjakan oleh mereka yang diarahkan langsung olehnya dalam jalankan Satyagraha, & lantaran tuntunan & kursus Satyagraha berikut ini perjuangannya bawa hasil.

Dasar Gandhi, satyagraha, kerap dialihkan jadi "jalan yang betul" atau "jalan tuju kebenaran", udah memberi inspirasi pelbagai angkatan aktivis-aktivis demokrasi & anti-rasisme seperti Martin Luther King, Jr. & Nelson Mandela.

Mahatma Gandhi Meninggal dunia

Dalam Biografi Mahatma Gandhi dipahami kalau dalam 30 Januari 1948, Mahatma Gandhi dibunuh seseorang lelaki Hindu yang berang padanya. Perihal ini lantaran dia sangat berpihak pada Muslim di saat perseteruan India – Pakistan.

Jawaharlal Nehru, Pertama Menteri India, mengatakan Gandhi jadi profil paling besar India seusai Gautama, si Buddha.Di saat dimohon buat berikan komentar terkait Gandhi, Albert Einstein mengemukakan: "Dalam waktunya dapat banyak orang yang gak yakin & terpukau kalau sudah pernah hidup seseorang seperti Gandhi pada muka bumi". Winston Churchill, Pertama Menteri Inggris, mengatakannya ‘Naked Fakir‘.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TOKOH DAN PENCIPTA BATIK NASIONAL

 TOKOH DAN PENCIPTA BATIK NASIONAL Tahukah Kamu Siapakah Profil serta Pembuat Batik Nasional? Batik menjadi kreasi cipta yang oleh UNESCO di...