Jumat, 16 Oktober 2020

Biografi Profil Dunia: Levi Strauss, Penggagas Lahirnya "Blue Jeans"

 Biografi Profil Dunia: Levi Strauss, Penggagas Lahirnya "Blue Jeans"

Celana " jeans" atau jins disebut yaitu satu diantara pakaian terbaik di dunia. Celana bahannya denim ini sesuai buat semua kondisi seperti semiformal & casual. Dibalik tenarnya celana ini, ada sosok yang memiliki nama Levi Strauss. Bersama-sama mitranya Jacob W Davis, ia sukses membikin celana yang disenangi banyak orang-orang sampai saat ini. Walaupun celana bahannya denim udah ada sebelumnya penemuan "blue jeans", akan tetapi bisa dibuktikan dengan paku keling, celana itu berubah menjadi kuat & tahan lama.

Kehidupan awalan

Lahir dengan nama asli Loeb Strauss di Buttenheim, Jerman, dalam 26 Februari 1829. Ayahnya benama Hirsh Strauss & ibunya, Rebecca Haas Strauss. Dari pernikahan itu, Hirsh & Rebecca miliki 2 anak, satu diantaranya Levi. Sesaat, Hirsh punya 5 anak dari pernikahan pertama kalinya dengan Mathilde Baumann Strauss yang mati dalam 1822.

Tinggal di Bavaria, keluarga Strauss merasakan diskriminasi lantaran mereka yaitu Yahudi. Mereka sampai mesti bayar pajak privat lantaran iman yang mereka yakini. Di saat berumur 16 tahun, Levi kehilangan ayahnya yang menanggung derita tuberkulosis. 2 tahun setelah itu, ia, ibunya, & 2 saudara perempuannya memilih datang ke Amerika Serikat. 

Keluarga itu selanjutnya dapat menyatu kembali lagi dengan 2 kakak laki lakinya, Jonas & Louis, di New York City. Dari sana, Jonas & Louis dirikan upaya barang kering yang memiliki nama "J Strauss Brother serta Co" & ia kerja buat kakak-kakaknya. Dalam 1850, Loeb Strauss mengganti nama depannya berubah menjadi Levi & berubah menjadi penduduk negara AS dalam 1853.

California Gold Rush Dalam 1849, nampaklah California Gold Rush ialah migrasi massa paling besar dalam histori AS yang bawa 300.000 orang masuk ke dalam California. Info perihal kehadiran emas udah menebar & masyarakat dari pelbagai lokasi di Amerika berbarengan cari suaka di negara sisi itu. Begitu juga dengan Strauss yang menunjuk buat berpindah ke San Francisco di awalan 1953. Ia buka usaha grosir dengan nama Levi Strauss serta Co.

Upayanya focus dalam pemasaran kemeja, selimut, sisir, dompet, sapu tangan, & kain, yang diperoleh dari kakaknya di New York. Bisnisnya tumbuh subur maka ia berubah menjadi profil termasyhur di kota. Strauss menyangga kegaiatan budaya di San Francisco & memberi dukungan populasi Yahudi. Ia mendukung dirikan sinagog pertama kali, Emanu-El, di kota itu. 

Ia pun mendonasikan uang ke banyak aktivitas amal, terhitung permodalan privat anak yatim piatu. Lahirnya "Blue Jeans" Satu diantara konsumen, Jacob W Davis, seseorang penjahit di Nevada, memohon bantuannya. Davis sekian lama Trik Menang Poker  ini beli kain dari Strauss buat upayanya sendiri & meningkatkan formulasi privat supaya membikin celana yang bertahan lama. Lewat surat, Davis membuka kalau bahan duck & denim dapat membuahkan produk celana memiliki kualitas.

Biar celana semakin kuat, paku keling tembaga diberikan dalam kantong & susunan luar depan maka celana berubah menjadi kuat & gak ringan sobek. Davis mau mempermanenkan inspirasi smart itu lantaran ia takut satu orang bakal merampok gagasan itu. Akan tetapi, ia tak punya cukup uang buat ajukan permintaan paten lebih kurang 68 dollar AS.

Ia memohon Strauss untuk jadi partner bisnisnya & buat membagi cost produksinya. Strauss sepakat & dalam 20 Mei 1873, Paten AS No. 139121 dikasihkan atas nama Jacob W. Davis & Levi Strauss and Company. Dalam tanggal tersebut diperingati jadi hari kelahiran blue jeans. 

"Kami merasa 20 Mei 1873 jadi kelahiran jeans, lantaran walaupun celana denim udah dimanfaatkan beberapa tahun awal mulanya, akan tetapi penempatan paku keling anyar dikerjakan waktu itu," tuliskan halaman sah Levis's. 501 Mereka membikin celana berbahan kanvas berat, setelah itu mengubahnya dengan bahan denim, yang setelah itu diwarnai biru buat tutupi vlek. Produksi celana jeans dalam awalannya dikerjakan oleh penjahit dari rumah mereka. 

Dalam 1880, Levi Strauss memanfaatkan area di pabriknya punyanya di Pasar Street & produksi bergerak mulai bergerak. Produk khusus yang dibuat yaitu jeans 501 yang termasyhur. Gak cuma membuahkan celana jeans, Strauss & Davis pun membikin kaos dll. Mulainya, 501 ada buat penuhi kepentingan banyak buruh tambang bakal denim yang tambah kuat.

Jeans ditambahkan paku keling tembaga, cinch, & gesper dalam potongan belakang pinggang (waistband), dan tali selempang berkancing yang membikin celana gak ringan berganti atau terlepas.

Dalam saku belakang celana jeans ini ada Arcuate stitch model, atau bentuk jahitan dekoratif sebagai ciri-tanda uniknya. Perihal ini pula yang membuat 501 jadi satu diantara trademark paling tua yang sudah pernah dimanfaatkan sampai saat ini. Jeans yang laris keras, membikin Strauss berubah menjadi miliarder. Ia memperlebar bisnisnya dengan beli Mission and Pacific Woolen Mills dalam 1875. Ia pun anggota spesial & bendahara Dewan Perdagangan San Francisco & direktur "Nevada Bank", "Liverpool, London, and Global Insurance Company", & "San Francisco Gas and Electric Company.

Kematian Strauss wafat di umur 73 tahun dalam 26 September 1902, di tempat tinggalnya di San Francisco. Kekayaan punyanya sejumlah hampir 6 juta dollar AS, sejumlah besarnya diberikan pada 4 ponakannya & bagian keluarga yang lain, dan instansi amal.

Seusai meninggalnya, ponakannya, Jacob Stern, ambil alih jadi presiden perusahaan. Jeans legendaris yang ia tolong jadikan, setelah itu diketahui jadi Levi's atau Levis. Produk itu terus berkembang dalam sampai ketenaran ke pelosok dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TOKOH DAN PENCIPTA BATIK NASIONAL

 TOKOH DAN PENCIPTA BATIK NASIONAL Tahukah Kamu Siapakah Profil serta Pembuat Batik Nasional? Batik menjadi kreasi cipta yang oleh UNESCO di...