Rabu, 28 Oktober 2020

Biografi Profil Dunia: Yip Man, Master Wing Chun Pelatih Bruce Lee

 Biografi Profil Dunia: Yip Man, Master Wing Chun Pelatih Bruce Lee

Gak dikuatirkan kembali, Bruce Lee memanglah figure pemain pertandingan yang diingat sepanjang waktu. Kepiawaiannya dalam seni bela diri membuatny ia berhasil di dunia perfilman. Dibalik itu seluruhnya, ada seseorang pria yang memiliki nama Yip Man atau kerapkali dikatakan Ip Man. Ia sebagai master seni bela diri saluran Wing Chun. Bruce Lee jadi satu diantaranya pelajarnya, yang sukses jadi legenda.

Yang lalu, semacam apa perjalanan hidup Yip Man sampai bisa dapat memproduksi kapabilitas Bruce Lee? Awalan kehidupan Di 1 Oktorber 1893, Yip Man terlahir di Foshan, propinsi Guangdong, China. Ia lahir dari keluarga kaya serta memiliki pengaruh, yang punya pertanian. Yip Man sebagai anak ke-3 dari 4 bersaudara. Nama orangtuanya yaitu Ip Oi Dor serta Ng Shui. Ia tumbuh menjadi anak yang cerdik serta terdidik secara baik lantaran posisi keluarganya.

Di umur 11 tahun, ia mulai terpikat dengan Wing Chung, seusai saksikan kelas seni bela diri yang diberikan sama master Chan Wah Shun di kuil punya keluarganya. Menjadi kabar, Wing Chung sebagai wujud seni bela diri antik dengan pakarasi di perlawanan jarak dekat, pukulan cepat, serta sepakan pertahanan dan ketangkasan gerak kaki. Di umur 12 tahun, Man mendalami seni bela diri yang diciptakan di China selatan lebih dari pada 300 tahun yang kemarin. Mulainya, Chan Wah Shun menyangka anak lelaki itu berkelakar maka ia memohon buat bayar skala besar buat turut kelas Wing Chung.

Si master terperanjat lantaran Wan kecil sukses berikan beberapa uang sama permohonannya. Ia mengira bocah itu merampok uang. Akan tetapi, jawaban Wan malahan mengagetkan Wah Shun. Nyatanya, Wan udah Cara menang blackjack  menghimpun uang itu dari sekian waktu awal mulanya buat dapat tergabung kelas Wing Chung. Bagaimana juga, Wan selanjutnya belajar seni bela diri waktu 3 tahun yang pendek, sebelumnya Wah Shun meninggal dunia. Belum prima Di umur 15 tahun, Man berpindah ke Hong Kong. 2 meniti pengajaran di St Stephen's College. Waktu ada di Hong Kong, ia pun menyambung latihan bela diri.

Waktu habiskan waktunya dari sana, ia sudah pernah menaklukan seseorang polisi yang berantem dengan seseorang wanita, dengan memanfaatkan pergerakan seni bela diri. Satu orang memberi kabar tingkah laku Wan pada seseorang pria, yang setelah itu menentangnya buat tunjukkan keahlian seni bela dirinya sendiri. Seusai lihat kapabilitas Man yang belum prima, pria itu mengatakan dirinya sendiri sebagai Leung Bik, guru dari Wah Shun. 

Sejak mulai itu, Yip Man ada di bawah pemantauan Leung Bik. Akan tetapi, pengajaran malahan ada dalam titik krisis di saat menjalani karier di Wing Chun. Di 1917, ia kembali lagi Foshan, China, untuk jadi seseorang petugas polisi. Ia pun mendidik Wing Chun dengan cara private. Ia menikah dengan Cheung Wing Sing serta diberi 2 putra, yang setelah itu bakal menyambung kreasi si ayah di seni bela diri Wing Chun.

Hong Kong serta Bruce Lee Di 1937 sampai 1941, ia berlaga berbarengan militer menentang invansi Jepang. Pada waktu itu, Man kehilangan banyak propertinya serta si istri jatuh sakit. Seusai perang, ia diambil menjadi petugas polisi waktu China mengusahakan buat bangun. Kembali, ia terus mendidik Wing Chun di celah waktunya.

Di 1949, seusai perang saudara, politik beralih serta Partai Komunis China berkuasa. Menjadi seseorang polisi yang dikaryakan sama Partai Nasionalis, ia terancam diamankan sama petinggi partai komunis. Ia larikan diri ke Hong Kong serta buka layanan kursus seni bela diri Wing Chun buat umum. Pelajarnya yang termasyhur yaitu Bruce Lee. Pria itu datangi Yip Man di 1953. Ketika itu, umur Lee anyar beranjak 13 tahun serta kedepannya jadi kawan akrab sepanjang umur. 

Mulainya, usaha latihan bela dirinya sendiri tak seberuntung karir Lee. Akan tetapi, andil Lee di film The Green Hornet bawa keterkenalan serta kesejahteraan di Yip Man. Ia buka pusat kursus yang bertambah besar maka berkembang serta jadi termasyhur. Jumlah pelajar yang latihan makin tambah serta kekayaan bertambah bejibun. Setelah itu, ia memutus untuk dirikan Vin Tsun Atheltic Association di 1967.

Di umur 77 tahun, Yip Wan pensiun dari mendidik seni bela diri akan tetapi gak sudah pernah stop mempraktikannya. Sesaat, anaknya menukar tempatnya mendidik Wing Chun.

Kematian serta penghormatan Yip Man wafat lantaran kompleksitas gara-gara kanker di 2 Desember 1972 di Hong Kong. 6 minggu sebelumnya meninggal dunia, ia memohon anaknya serta seseorang pelajar buat merekamnya melaksanakan pergerakan Wing Chun. Video itu tersimpan secara baik sampai saat ini serta bisa disaksikan di YouTube. Sejumlah film yang mendapat inspirasi atas andilnya dalam seni bela diri udah dilansir, tergolong The Legend is Born: IP Man, The Grandmaster, serta IP Man: The Final Fight.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TOKOH DAN PENCIPTA BATIK NASIONAL

 TOKOH DAN PENCIPTA BATIK NASIONAL Tahukah Kamu Siapakah Profil serta Pembuat Batik Nasional? Batik menjadi kreasi cipta yang oleh UNESCO di...