Sabtu, 24 Oktober 2020

Biografi Profil Dunia: Luciano Pavarotti, Vokalis Sandiwara Legendaris

 Biografi Profil Dunia: Luciano Pavarotti, Vokalis Sandiwara Legendaris

Menjadi seseorang vokalis sandiwara, Luciano Pavarotti tak dapat disanggah udah ikut bertindak dalam kembali lagi mempopulerkan seni sandiwara di zaman ke-20. Pavarotti, yang terlahir di 12 Oktober 1935, mulai karirnya menjadi vokalis sandiwara dengan tampil di Teater Reggio Emilia di Italia di 1961 waktu dirinya sendiri berumur 26 tahun. Ia tampil dalam pementasan berjudul La Boheme serta memainkan peran profil menjadi Rodolfo.

Karirnya naik cukup cepat dengan 2 tahun setelah itu tampil di Royal Sandiwara House di London, Inggris, sampai selanjutnya bisa mengawali karir di Amerika di 1965. Luciano Pavarotti terlahir di Modena, utara Italia. Ia yaitu anak dari Fernando Pavarotti, seseorang pencipta roti sekalian vokalis tenor awam, serta Adele Venturi, yang kerja di pabrik rokok. Kemampuan menyanyi Pavarotti diterima dari si ayah yang punya nada tenor. Akan tetapi si ayah menjalankan pekerjaan menjadi vokalis lantaran kerap takut waktu tampil di muka banyak orang-orang.

Keluarga Pavarotti di kenal juga simple, dengan tinggal dalam sesuatu apartemen 2 kamar serta ditinggali 4 bagian keluarga. Waktu Perang Dunia II meletus, keluarga Pavarotti terpaksa sekali berpindah dari kota serta tinggal di wilayah pinggir dengan sewa suatu kamar dari keluarga petani. Pada saat kecil Pavarotti sempat pernah bercita-cita untuk jadi pemain sepakbola. Akan tetapi seiring bersamanya waktu, ia mulai membebaskan angan-angan itu serta mulai latihan menyanyi. 

Ayah Pavarotti punya banyak rekaman vokalis tenor termasyhur seperti Beniamino Gigli, Giovanni Martinelli, Tito Schipa, serta Enrico Caruso. Pavarotti mengakui begitu memuji Giuseppe Di Stefano serta banyak mendapat inspirasi sama Mario Lanza. Pavarotti mulai serius mendalami musik di 1954, waktu dirinya sendiri berumur 19 tahun. Ia setelah itu memiliki kesempatan buat belajar musik serta menyanyi dari Arrigo Skema, seseorang pelatih serta vokalis tenor profesional di Modena, yang mau latih Pavarotti tanpa ada memikat bayaran. 

Waktu berumur 20 tahun, bersama-sama grup kombinasi nada dari daerah halamannya, Pavarotti ikuti suatu persaingan musik internasional di Wales, Inggris, serta sukses mendapat juara pertama kali. Pengalaman memenangi persaingan tersebut Trik Menang Poker yang setelah itu memajukan Pavarotti untuk jadi seseorang vokalis profesional. Gak cuma memenangi persaingan, waktu itu Pavarotti pun bersua dengan seseorang wanita yang memiliki nama Adua Veroni yang setelah itu dinikahinya di 1961.

Berubah menjadi Vokalis Profesional Pada tahun 1961, Pavarotti jadi pemenang suatu persaingan internasional yang diselenggarakan di Teatro Reggio Emilia, Italia serta mulai karir operanya dengan berubah menjadi Rodolfo buat pementasan berjudul La Boheme di 29 April. 2 tahun berlalu, Pavarotti melaksanakan karir di Austria dengan tampil di Vienna State Sandiwara saat bulan Februari. Ia tampil lagi dari sana di Maret serta April 1963. Di tahun yang serupa, Pavarotti pun memiliki kesempatan buat tampil di Dundalk, Irlandia serta melaksanakan karir di Royal Sandiwara House, London. 

Meski semuanya tampilannya di beberapa tahun awalan menjadi vokalis sandiwara sejumlah besar dapat disebut berjalan secara lancar, akan tetapi belum membuat termasyhur. Kondisi itu mulai beralih seusai dirinya sendiri berhubungan dengan pasangan vokalis Joan Sutherland serta Richard Bonynge, sebagai seseorang konduktor. Di tahun 1963, Pavarotti memperoleh peluang buat ikut juga dalam tour yang bakal dikerjakan Joan Sutherland ke Australia. Bersama-sama Sutherland, Pavarotti tampil di 40 pementasan waktu 2 bulan.

Tour di Australia itu udah berikan Pavarotti pengalaman mempunyai nilai, tergolong dalam tehnik pernafasan yang didalaminya dari Sutherland. Di Februari 1965, Pavarotti selanjutnya memperoleh peluang buat karir di Amerika Serikat, pasnya di Miami dengan tampil di pementasan Donizetti yang berjudul Lucia di Lammermoor. Ia tampil menukar vokalis tenor yang tiba-tiba sakit serta tak ada vokalis yang lain dapat menggantinya. 

Dengan rujukan dari Joan Sutherland, Pavarotti selanjutnya bisa tampil menjadi vokalis tenor substitusi. Di 1972, masih bersama-sama Sutherland serta membawakan suatu produksi dari Donizetti berjudul La Fille du Regimenr, Pavarotti tampil memesona di New York Metropolitan Sandiwara. Kemudian, Pavarotti dalam sekejap berubah menjadi dikenali dengan cara internasional menjadi seseorang vokalis sandiwara serta punya banyak pencinta. Ia pun tampil dalam rekaman dan pementasan di tv. Tidak hanya tampil dengan Sutherland di sebagian pementasan yang mengorbitkan namanya, Pavarotti pun tampil solo. 

Ia pun sekian kali tampil bersama-sama 2 vokalis tenor lain, ialah Placido Domingo serta Jose Carreras asal Spanyol, yang setelah itu menyebutkan diri mereka dengan Three Tenors. Tampilannya dengan Three Tenors udah dianggap bawa musik classic ke tingkat yang belumlah sempat ada awal mulanya. Gak cuma tampil bersama-sama sama-sama musikus classic serta vokalis sandiwara, Pavarotti pernah juga sekian kali tampil bersinergi dengan musikus populer seperti Eric Clapton, penyanyi U2 Bono, Elton John, vokalis Celine Dion dan kelompok vocal Spice Girls.

Tampilan Paling akhir Di 2004, waktu dirinya sendiri udah berumur 69 tahun, Pavarotti mulai memiliki rencana buat menyelenggarakan suatu tour perpisahan sebelumnya tutup karir bernyanyinya. Desember 2004, ia lantas menginformasikan bakal menyelenggarakan tampilkan di 40 kota di sebagian negara. Akan tetapi serangkaian tour itu sempat pernah terhenti lantaran 

Pavarotti mesti menjalankan operasi tulang belakang di Maret 2005 serta awalan 2006 ia dianalisis dengan kanker pankreas, memaksakan digagalkannya pementasan di AS, Kanada serta Inggris. Upacara pembukaan Olimpiade Musim Dingin 2006 di Turin, Italia di 10 Februari 2006 berubah menjadi tampilan paling akhir si ahli. Masa itu ia menyanyikan Nessun dorma yang disongsong dengan tepok tangan yang paling semarak dari banyak pirsawan yang ada sekalian banyak tamu internasional.

Akan tetapi terkuak setelah itu di 2008 sama sutradara pementasan di acara pembukaan itu kalau nada Pavarotti waktu itu yaitu rekaman. Perihal itu berkat keadaan cuaca waktu itu yang paling dingin dikira kemungkinannya kecil buat menyanyi dengan cara langsung. Akhir Kehidupan Luciano Pavarotti wafat di umur 71 tahun, di 6 September 2007 di daerah halamannya, Modena, Italia. Ia mati gara-gara kompleksitas dari kanker pankreas yang diidapnya, walaupun udah sempat pernah dikerjakan operasi serta pengurusan waktu 2 minggu buat menyembuhkannya. 

Pavarotti tinggalkan 4 anak wanita, 3 hasil dari pernikahan pertama kalinya dengan Adua serta seseorang dari istri dua-duanya, Nicoletta Mantovani. Upacara penguburan dilakukan di Katedral Modena yang dikunjungi Pertama Menteri Italia Romano Prodi serta Sekjen PBB, Kofi Annan. Mayat Pavarotti setelah itu dibawa ke kampung Montale Rangone buat dikebumikan di kuburan keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TOKOH DAN PENCIPTA BATIK NASIONAL

 TOKOH DAN PENCIPTA BATIK NASIONAL Tahukah Kamu Siapakah Profil serta Pembuat Batik Nasional? Batik menjadi kreasi cipta yang oleh UNESCO di...