Kamis, 08 Oktober 2020

Biografi Dr. Sun Yat Sen – Profil Nasionalis Cina

 Biografi Dr. Sun Yat Sen – Profil Nasionalis Cina

Biografi Dr. Sun Yat Sen. Dia lahir 12 November 1866 di Guang dong Cina, anak seseorang petani miskin yang mengembara ke Honolulu Hawai Amerika Serikat menuruti kakak lelakinya buat meniti pendidikan. Sut Yat Sen kembali lagi Cina tahun 1883, setelah itu ubah ke Hongkong buat meniti pendidikan samaranteran sampai lulus tahun 1892. Dr Sut Yat Begitu kondang lantaran dia sebagai profil nasional Cina yang bertarung buat persatuan nasional Cina, pembangunan ekonomi, serta penciptaan pemerintahan republik. Dia begitu memiliki pengaruh dalam histori Cina kekinian.

Dr Sut Yat Sen akan memutuskan tinggalkan dunia klinik serta kembali lagi Hawai dirikan organisasi gerakan buat jatuhkan penguasa Manchu. Cara ini dikarenakan kegundahannya menyaksikan keterpurukan Cina pada waktu dinasti Qing yang paling korup. Seusai kekalahan Cina dalam perang Cina-Jepang tahun 1894-1895 Sun Yat Sen kembali lagi Hongkong merencanakan pemberontakan Guangzhou. Walau upayanya ini tidak sukses, akan tetapi semangat nasionalisme serta pergerakan revolusioner mulai berubah di penduduk Cina terpenting di tanah rantau. Namanya kondang di dunia internasional seusai ditahan oleh kedutaan Cina di London tahun 1896. Sepanjang 16 tahun seterusnya dia banyak mengembara mendalami dengan mendalam penilaian politik serta ekonomi barat serta bangun arah politik serta ekonomi negerinya.

Sun Yat Sen anyak memperoleh support dengan finansial, akhlak ataupun politik dari dunia internasional. Banyak partner, koneksi-koneksi luar negerinya yang berikan pemberian seperti dari pemerintah Jepang tahun 1897. Banyak cendekiawan Cina di tanah rantau pun berikan support penuh maka tahun 1905 dia lekas dirikan T`ung meng Hui (Liga Revolusioner paduan) yang memberjuangkan tiga visi ialah nasionalisme, demokrasi serta kesejahteraan rakyat. Pergerakan Sun Yat Sen ini selanjutnya membawa hasil pada bulom Oktober 1911. Dinasti Manchu tak dapat membendung gelombang pemberontak maka awal tahun 1912 Dr Sun Yat Sen dipilih berubah menjadi presiden sesaat RRC yang anyar dibuat. Akan tetapi buat menghindarkan perang saudara, dia setelah itu memundurkan diri serta serahkan Trik Menang Poker posisi pada Yuan Shikai, eks menteri pada waktu kekaisaran. Nafsu Yuan dalam kekuasaan tercium sikapnya oleh Sut Yat Sen, maka dia lekas memperlancarkan perlawanan sampai menjatuhkannya dari bangku kekuasaan tahun 1916.

Dr Sun Yat Sen setelah itu mengganti organisasinya berubah menjadi parpol Kuomintang serta tahun 1917 dia membuat pemerintahan sendiri di Guangzhou buat menyamai sisa-sisa penerus Yuan di Beijing. Dia lekas memperkokoh militer serta terima pemberian dari Uni Soviet buat memperkokoh pemerintahannya. Di tahun 1923-1924 dia membuat sekutu sesaat dengan grup komunis sampai terbuatlah Kongres Nasional pertama (KMT) serta partai komunis berubah menjadi satu diantara anggotanya.

Sejak mulai tahun 1923 sampai kematiannya dia tersebut jadi kepala pemerintahan KMT yang di ubahnya sama dengan metode Uni Soviet. Pangkal massa Sun Yat Sen terpenting di Guangzhou datang dari grup pelajar, buruh, rakyat bawah, serta tentara. Di terakhir hidupnya dia terus-menerus bertarung buat persatuan Cina dengan menggoda pelbagai profil pihak buat tinggalkan nafsu pribadi. Seusai dia meninggal dunia tanggal 12 Maret 1925, perjuangannya dilanjutkan oleh Chiang Kai Shek yang selanjutnya sukses jadikan satu Cina. Akan tetapi Chiang Kai Shek selanjutnya pun terdepak ke Taiwan seusai meletusnya perang saudara di antara grup nasionalis dengan komunis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TOKOH DAN PENCIPTA BATIK NASIONAL

 TOKOH DAN PENCIPTA BATIK NASIONAL Tahukah Kamu Siapakah Profil serta Pembuat Batik Nasional? Batik menjadi kreasi cipta yang oleh UNESCO di...