Kamis, 22 Oktober 2020

Biografi Adam Osborne – Penemu Notebook

 Biografi Adam Osborne – Penemu Notebook

Adam Osborne yaitu orang yang pertama meningkatkan fitur pc portabel di dunia. Penemuannya begitu top serta barangkali sangat awalan di saat nya. Adam Osborne tumbuh pada tempat yang berlainan serta mengerti kalau technologi begitu diperlukan buat memperingan hidup manusia.

Beliau dikenali menjadi Penemu Notebook. Adam Osborne yaitu salah seseorang yang menggenggam manfaat penting serta memiliki pengaruh di histori awalan pengerjaan pribadi computer (PC) dan membikin Pc Portabel pertama kali yang saat ini dikenali dengan istilah Notebook. Dia dilahirkan di Thailand dalam 1939, serta memakan waktu anak-anaknya di Tamil Nadu, India Selatan, berbarengan ke-2 orang tuanya yang berkebangsaan Inggris.

Dia berpindah ke Inggris waktu berumur 11 tahun. Di tahun 1961 dia lulus dari Kampus Birmingham, Inggris, menjadi sarjana muda di sektor tehnik kimia. Sesudah itu, dia berpindah ke Amerika Serikat serta menuntaskan pengajarannya di Kampus Delaware serta peroleh gelar doktor di sektor tehnik kimia. Setelah itu, dia kerja dalam sesuatu perusahaan pertambangan minyak Shell Oil.

Kehidupan Adam Osborne

Seperti banyak orang yang senantiasa berpikiran kreatif, Osborne terasa tak damai dalam melalui kehidupannya menjadi pekerja di perusahaan besar. Dia tak senang lama ada di Shell serta memundurkan diri dari perusahaan itu. Dia setelah itu memahami kalau dirinya sendiri begitu nikmati pekerjaan anyarnya menjadi penulis buku manual, terutama terkait buku Cara menang 2D manual pc anyar yang bakal dikembangkannya. Di awalan 1970-an, dia mendapat pekerjaan anyarnya menjadi penulis buku manual buat mikroprosesor punya perusahaan pc Intel.

Osborne menyambung pekerjaan lepasnya menjadi penulis serta tahun 1972 coba dirikan Osborne and Associates, suatu perusahaan yang beroperasi di bagian tulisan buku petunjuk pc yang simple, ringan, serta mudah dibaca buat pencinta pc. Dia lantas menulis suatu buku yang dikasih judul "The Nilai of Power", yang setelah itu mengganti judulnya berubah menjadi "An Introduction to Microcomputers". Dia coba menjajakan bukunya pada suatu penerbit yang ada di kotanya. Akan tetapi, sayang buku itu tidak diterima. Dia tidak sempat putus harapan. Lalu, dia memilih buat coba membuat bukunya tersebut.

Dalam sebuah acara dalam sesuatu club pemakai pc, dia sempat pernah perlihatkan buku kreasinya pada Bruce Van Natta dari AMSAI, satu diantara perusahaan pc termasyhur di AS. Seusai membaca buku itu, Van Natta terpikat serta memilih buat memasukkan 1 buku dalam tiap-tiap pc IMSAI yang bakal dijualnya. Dengan awalan yang bagus serta sama sama memberi keuntungan ini, dan keyakinan kalau orang bakal bersama-sama cari buku-buku tips terkait pc yang bisa ringan dibaca serta dipahami, Osborn coba dirikan perusahaan penerbitan sendiri yang memiliki nama Osborn Books.

5 tahun setelah itu, penerbit Osborne Books udah membuat lebih dari pada 40 judul buku terkait pc. Lalu dalam 1979 lantaran sebuah hal, Osborne menjajakan perusahaan penerbitannya pada McGraw-Hill. Dalam jam yang sama, dia juga mulai coba menulis dalam sesuatu kolom buat majalah pc Interface Age serta Infowold. Dia begitu meyakini pc bisa dapat sungguh-sungguh berfaedah apabila pc itu dibentuk mobile (bisa dibawa kemanapun) serta aktif berbarengan orang yang menggunakan, dan bisa dipakai setiap saat serta dimana-mana orang itu ada.

Dia mulai mempunyai pikiran kalau nanti perusahaan pc yang ada waktu itu akan memahami terkait konsep-konsep (banyak ide) yang berada pada kepalanya. Akan tetapi, perusahaan pc yang ada belum siap dengan konsep-konsepnya. Seusai menjajakan perusahaan penerbitannya, Osborn juga mulai mengarahkan tenaganya buat mendesain pc yang portabel, memikat, ringan dipakai, serta kuat.

Merencanakan Pc Portabel Pertama kali Cikal Bakalan dari Notebook

Dalam Maret 1980, dalam acara "West Coast Computer Faire", dia bersua dengan Lee Felsenstein, seseorang pakar yang mendesain papan circuit buat technologi processor. Felsenstein mengawali upayanya yang bergerak di pengerjaan fitur keras (hardware). Perusahaan hardware-nya itu tidak sekedar menghasilkan komputer-komputer yang portabel, namun juga menjajakan software-nya.

Felsenstein juga mulai terpikat ikuti gagasan yang disampaikan oleh Osborne, dia juga mulai mendesain suatu pc yang portabel, yang bakal bisa ditaruh di bawah tempat duduk dalam suatu pesawat. Pc itu punya berat cuma 24 pound, punya penampakan (display) 52 kolom yang bakal cukup di monitor 5 inchi, tabung pelindung, serta 2 disk drive. Biar penuhi kepentingan display yang kecil, Felsenstein coba menaruh kabar 1 monitor penuh dalam ingatan, serta berikan keringanan pada banyak pemakai apabila mereka menghimpit tombol-tombol biar monitor display menggulung.

Notebook Pertama kali Di Dunia Ciptaan Adam Osborne

Demikian hardware-nya terjadi, Osborne coba mengabari sejumlah pemasok software serta membikin persetujuan untuk sediakan bahasa BASIC serta CBASIC, pengolah kata Wordstar, serta program pengolah data SuperCalc di tiap-tiap komputernya. Harga pasaran dari sotware-software itu lebih kurang $2.000, yang menimbulkan Osborne mesti menambah harga asli dari tiap-tiap unit yang dipasarkan. Osborne mulai perkenalkan pc anyarnya itu, yang disebut Osborne 1, di "West Coast Computer Faire" dalam April 1981.

Pc itu sebagai pc portabel pertama kali yang software-nya bisa diraih di harga $1.795 serta sebagai dobrakan yang mengagetkan dan janjikan buat mendapat pemasaran yang berhasil. Dalam September 1981, Osborne Computer Cooporation (OCC) mendapat nilai pemasaran pertama kalinya juta-an dolar AS. Sampai, Osborne 1 berubah menjadi satu diantara PC yang terlaris serta banyak terjual yang dalam sekejap sampai pemasaran pucuk kira-kira 10.000 unit per bulan.

Pada tahun ke-2 , perusahaan punya Osborne sampai tujuan pemasaran 70 juta dolar. Ini membikin kelabakan banyak lawannya, seperti IBM serta Apple. Ini lantas begitu diperburuk kembali waktu Osborne menginformasikan pc anyarnya, Executive, lama sebelumnya barang itu siap dijual. Perihal ini membikin banyak costumer menyudahi pembelian pada Osborne 1 sembari tunggu pc anyar yang bakal dikeluarkannya. Akan tetapi, sayang dalam September 1983, tanpa ada dikenali dengan pastinya, OCC merasakan kepailitan. Lantaran pemasaran Executive tak selaris pemasaran Osborne 1.

Dalam musim semi 1984, Osborne kembali lagi usaha penerbitan. Firma anyarnya itu yang memiliki nama Paperback Software International Ltd. Mulainya, dia mengusahakan buat memublikasikan software yang murah buat menyamai software-software mahal yang tengah berada pada pasaran waktu itu. Pertama, idenya itu menjumpai kemajuan serta dia lantas bisa ambil alih dan memikat banyak costumer pc terpenting sejumlah perusahaan di Inggris.

Produk Osborne yang paling berhasil yaitu program pengolah data yang disebut VP Planner. Sayang, Lotus Development Corporation terasa kalau program itu menyalahi hak paten dari program mereka, Lotus 1-2-3. Dalam 1987, Lotus tuntut software itu, serta meminta cost lisensi software itu. Seusai lewat proses yang panjang di pengadilan, selanjutnya pengadilan lantas memilih kalau penggandaan interface menu punya Lotus 1-2-3 dari software itu udah menyalahi hak paten.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TOKOH DAN PENCIPTA BATIK NASIONAL

 TOKOH DAN PENCIPTA BATIK NASIONAL Tahukah Kamu Siapakah Profil serta Pembuat Batik Nasional? Batik menjadi kreasi cipta yang oleh UNESCO di...