Senin, 28 September 2020

Biografi Genghis Khan, Peristiwa Si Penakluk Dari Mongolia

 

Biografi Genghis Khan, Peristiwa Si Penakluk Dari Mongolia

.Profile serta Biografi Genghis Khan. Dia diketahui dunia jadi penakluk paling besar di dunia yang sudah pernah ada. Biasa disebut yaitu Genghis Khan atau Genghis Khan, dia sebagai penguasa atau kaisar dari kerajaan Mongolia.Disaat berkuasa, Lokasi kekuasaan Genghis Khan mencakup banyak lokasi benua Asia sampai sejumlah daratan Eropa seperti Rusia.

Penaklukannya dikerjakan dengan jalan genosida. Sepanjang berkuasa dia bertanggung-jawab pada pembantaian 40 juta jiwa disaat melaksanakan penaklukan. Ketia dia meninggal dunia luas lokasi kekuasaanya udah sampai 13.5 juta km..

Biodata Genghis Khan

  • Nama Genghis Khan (Jenghis Khan)
  • Nama asli Temujin
  • Lahir Delüün Boldog, Mongolia, 1162
  • Meninggal dunia Yinchuan, Tiongkok, 18 Agustus 1227
  • Orang Tua Yesügei (ayah), Ho'elun (ibu)
  • Istri Börte, Khulan khatun, Yesui, Yesugen, Heda'an, Gurbasu Khatun
  • Anak Ogadai Khan, Jochi Khan, Tolui, Chagatai Khan, Alakhai Bekhi, Checheikhen, Gelejian, Tümelün, Alaltun, Altani, Khochen Beki.
  • Dikenal Kaisar Mongolia, Si Penakluk

Biografi Genghis Khan

Genghis Khan atau di kenal juga jadi Genghis Khan, dilahirkan lebih kurang tahun 1162. Ayahnya seseorang kepala suku kecil. Dia menyebutkan anaknya Temujin sehabis ia menundukkan kepala suku lain.Saat Temujin berusia sembilan tahun, ayahnya terbunuh oleh suku saingannya, serta selanjutnya anggota saudaranya yang bersamaan masih hidup ada dalam genggaman ketakutan serta keterasingan.

Saat Remaja

Ini sungguh-sungguh satu pemula dari kehidupan yang getir, serta untuk Temujin lebih-lebih lagi sebelum muncul pergantian yang lebih bagus buat dirinya sendiri. Saat ia udah beranjak umur muda remaja, ia tertawan dalam sebuah perlawanan menentang suku saingannya.

Buat menghindari ia dapat lulus, suatu gelang bambu digantungkan di tangkai lehernya. Dari kondisi yang gak kelihatan jalan lulus dalam tahanan grup buta huruf yang primitif. Dari negeri yang kering kerontang Temujin atau yang setelah itu diketahui dengan Genghis Khan bisa bangun berubah menjadi manusia yang terkuat di dunia.

Kebangkitannya berasal dari upayanya loloskan diri dari tahanan saingannya. Setelah itu ia masuk dengan Toghril, kawan dekat almarhumah ayahnya, seseorang kepala suku yang miliki tautan interaksi di wilayah itu.

Beberapa tahun seterusnya yang banyak baku hantam antar suku, Temujin setapak buat setapak bertarung keras sampai pucuk.Suku-suku Mongol lama kondang penunggang-penunggang kuda yang terampil serta pendekar-pendekar yang keras gak tahu ampun. Selama histori mereka gak henti-hentinya menyerbu Cina sisi utara.

Namun, sebelum Temujin tampak, antar suku Mongolia sukai berperang dengan sesamanya mengabaikan energi mereka. Dengan kecakapan memadukan sikap keberanian, diplomasi, kekerasan serta kesanggupan mengatur, Temujin sukses jadikan satu semua suku-suku di bawah kepemimpinannya.

Gelar Genghis Khan

Dalam biografi Genghis khan, dijelaskan di tahun 1206 suatu permusyawaratan besar antar suku-suku Mongol berikan nama Temujin "Genghis Khan" yang bermakna "Kaisar semesta."

Ekspansi Militer ke China

Kapabilitas militer Genghis Khan yang menyeramkan yang digalangnya menujukan ujung tombaknya ke negeri-negeri yang berdampingan. Awal mula ia menghardik Hsi Hsia di timur laut Cina serta Kekaisaran Chin di utara Cina.Saat perlawanan terjadi pertengkaran muncul di antara Genghis Khan serta Khwarezm Shah Muhammad yang memerintah kerajaan yang cukup besarnya di Persia serta Asia Tengah.

Pada tahun 1219 Genghis Khan gerakkan pasukannya menghardik Khwarezm Shah. Asia Tengah serta Kerajaan Persia diambil ubah serta kerajaan Khwarezm Shah Muhammad dihancurkan. Menurut sejarawan, Genghis Khan bertanggung-jawab pada menurunnya populasi China sepanjang dia melaksanakan penaklukan.

Genghis Khan Meninggal dunia

Berbarengan dengan itu sejumlah pasukan Mongol menyerbu Rusia, Genghis Khan dengan pribadi pimpin tentara menyerang Afganistan serta India sisi utara. Ia kembali lagi Mongolia tahun 1225 serta meninggal dunia disana tahun 1227.

Dimana Makan Genghis Khan?

Tak ada yang ketahui dimana makam dari Genghis Khan ada. Konon menurut narasi, Genghis Khan dikuburkan di makam tak bertanda. Tidaklah ada catatan histori yang menuliskannya dimana makam Genghis Khan ada.Bahkan juga menurut legenda, banyak Prajurit dan pekerja yang turut peranan dalam memakamkan Genghis Khan dibunuh biar rahasia makamnya bisa tertutup dengan rapat.

Kekaisaran Monglia Seusai Genghis Khan

Dalam biografi Genghis khan diketahui sebentar sebelum Genghis Khan hembuskan nafas paling akhir, ia mohon biar putera ke-tiganya, Ogadai, diputuskan jadi alternatifnya. Ini sebagai pilihan bijak lantaran Ogadai berubah menjadi seseorang jendral smart berdasar hasil upayanya sendiri.Di bawah kepemimpinannya, pasukan Mongol menyambung penyerbuannya di Cina, seluruhnya kuasai Rusia, serta menyerang maju ketujuan Eropa.

Pada tahun 1241 paduan tentara Polandia, Jerman, Hongaria seluruhnya dipukul oleh beberapa orang Mongol yang maju sangat cepat ketujuan Budapest. Namun, tahun itu Ogadai wafat serta pasukan Mongol mundur dari Eropa serta gak sudah pernah balik kembali.

Ada saat lowong yang mencolok saat banyak kepala suku Mongol sama sama beradu argumen perihal bab substitusi pimpinan. Namun, sementara saat itu di bawah dua Khan seterusnya (Mangu Khan serta Kublai Khan, dua-duanya cucu Genghis Khan) beberapa orang Mongol menyambung maju mendorong terus di Asia.

Tahun 1279 beberapa orang Mongol udah kuasai suatu imperium yang terluas dalam histori. Menguasai wilayahnya mencakup Cina, Rusia, Asia Tengah, pun Persia serta Asia Tenggara.Tentaranya melaksanakan pergerakan maju yang penuh Cara menang blackjack sukses menaikkan wilayah yang membujur dimulai dari Polandia sampai belahan utara India, serta kekuasaan Kublai Khan disudahi di Korea, Tibet, serta bagian bagian Asia Tenggara.

Satu empirium yang berikut luas wilayahnya sendirinya susah diselesaikan melalui metode transportasi masih primitif. Karena itu yaitu musykil pelihara kebulatan wilayah kekuasaan, maka kelanjutannnya empirium itu terpecah belahlah.Namun, kekuasaan Mongol mampu bertahan beberapa tahun. Orang Mongol anyar terhalau dari sejumlah besar Cina tahun 1368. Justru, kekuasaan mereka atas wilayah Rusia terjadi makin lama.

"Pengelana Emas," seperti itulah nama yang umum dikasihkan ke kerajaan cucu Genghis Khan yang memiliki nama Batu dibuat di Rusia terjadi sampai zaman ke-16 serta Khamate dari Crimea bertahan sampai tahun 1783.

Cicit-cicit lain Genghis Khan dirikan dinasti-dinasti yang kuasai Asia Tengah serta Persia. Ke dua wilayah ini ditundukkan di zaman ke-14 oleh Timurleng (Tamerlane), pun berdarah Mongol serta mengakui diri trah Jengtis. Dinasti Tamerlane selesai di zaman ke-15.

Namun walaupun ini selesai tidaklah bermakna penaklukan-penaklukan serta menguasai Mongol udah setop. Cicit Tamerlane yang memiliki nama Baber menyerang serta menduduki India serta dirikan dinasti Mogul (Mongol). Penguasa-penguasa Mogul, yang kuasai banyak India terus memegang tampuk kekuasaan sampai tengah zaman ke-18.

Dalam biografi Genghis khan, yaitu satu gara-gara gak langsung penaklukan oleh Genghis Khan menaruh arti khusus. Penaklukan Mongol yang barengan dengan penggabungan sejumlah besar Asia semakin meningkatkan trayek perdagangan di lokasi itu ketimbang kondisi awal mulanya.

Serta juga sekaligus memajukan perdagangan arus di antara Cina serta Eropa. Pedagang-pedagang Eropa seperti Marco Polo karena itu bisa melaksanakan perjalanan ke Cina serta kembali lagi bawa beberapa rupa peristiwa terkait begitu kaya serta makmurnya Cina.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TOKOH DAN PENCIPTA BATIK NASIONAL

 TOKOH DAN PENCIPTA BATIK NASIONAL Tahukah Kamu Siapakah Profil serta Pembuat Batik Nasional? Batik menjadi kreasi cipta yang oleh UNESCO di...